Sunday 10 April 2016

Cara Membuat FTP akun di CPanel

Assalamu'alaikum...

Di kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara membuat FTP account dengan menggunakan CPanel.


FTP (File Transfer Protocol) adalah salah satu protocol dalam jaringan berbasis TCP/IP (Transmission Control Protocol) yang digunakan untuk melakukan pengiriman maupun penerimaan data/file dari server FTP ke klient FTP maupun sebaliknya. Pada cPanel, secara umum semua penggunanya mendapatkan 1 akun ftp utama untuk koneksi ke dalam hosting, namun username dan password yang digunakan sama dengan username dan passworduntuk login ke dalam cPanel, sehingga kurang aman apabila akun ftp tersebut akan dipergunakan juga oleh orang lain. Direktori yang dapat diakses pun tidak ada batasan jika menggunakan akun ftp utama tersebut. Solusinya, adalah dengan membuat akun ftp lain, yang memiliki username dan password berbeda, serta pengaksesan direktori yang bisa dibatasi. Berikut adalah langkah-langkahnya.
Langsung ke Cara Membuat dan Menghapus Akun FTP di cPanel Hosting
1. Login ke cpanel hosting anda terlebih dahulu  http://nama-domain-anda.com/cpanel atau http://nama-domain-anda.com:2082.
2. Setalah login ke cPanel kemudian lihat pada tab bagian Files kemudian klik pada icon FTP Accounts seperti gambar dibawah ini :


3. Klik icon FTP Accounts maka kemudian akan muncul halaman baru seperti gambar dibawah ini :

·         Login:  Isikan dengan username akun ftp, dalam contoh kali ini dimisalkan nama-ftp-anda
·         Password: Isikan dengan password untuk masuk ke dalam akun ftp tersebut. Gunakan kombinasi antara huruf, angka dan karakter untuk menjamin keamanan password , atau bisa dengan meng-klik Password Generator , system cPanel akan membuatkan password yang bisa anda gunakan.
·         Password (Again): Tulis sekali lagi password Email yang anda ingin buat di sini.
·         Directory: Set lokasi direktori yang hanya bisa diakses oleh akun ftp tersebut, baik untuk pengiriman maupun penerimaan data.
·         Quota: Set kuota untuk akun ftp. Pemakaian kuota akan dihitung per bulan, dan akan kembali ke hitungan 0 pada awal bulan. Set Unlimited jika anda tidak menginginkan pembatasan kuota pada akun FTP yang dibuat.
4. Kemudian Klik Create FTP Account
5. Anda akan melihat konfirmasi seperti gambar dibawah ini:


6. Seharusnya anda melihat FTP baru di kolom tabel “FTP Accounts”, ditampilkan dibawah kolom “Account”. berisikan informasi sbb :
·         Login : Username akun ftp yang pernah anda buat.

·         Path: Menampilkan lokasi direktori yang hanya bisa diakses oleh akun ftp tersebut.
·         Actions : Menampilkan beberapa pilihan untuk mengatur FTP anda sbb:
1.        Change Password : Mengganti password.
2.        Change Quota : Mengganti kapasitas FTP account.
3.        Delete : Pilihan ini untuk menghapus FTP account
4.        Configure FTP Client : Didalam Configure FTP Client adlah keterang konfigurasi untuk windows, Mac dan lain lain.
Menghapus account FTP
FTP account dapat dihapus juga dengan login ke cPanel lalu ke account FTP. Dalam kotak Manage Account semua account FTP akan dicantumkan. Salah satu opsinya adalah menghapus/ mendelete FTP account.

Demikian cara membuat dan menghapus Akun FTP pada cPanel mudah-mudahan membantu anda. sekian dari saya terimakasih dan wassalam.


0 comments:

Post a Comment